this site
fiqih

BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang
Permasalahan fiqih memang sangat kompleks jika kita tidak mengerti, tapi apabila kita mengerti sangat mudah sekali dalam menjalankan fiqih, khususnya dalam hall ibadah.
Diantara permasalahan yang masih menjadi pertentangan sampai saat ini ialah perdebatan tentang melafazdkan niat dalam sholat, empat madzab dalam hal ini berbeda dalam menyikapinya.
Permasalahan yang lain ialah tentang membaca al-fatihah bagi makmum jahriyah. Dalam hal ini ada yang bilang masih harus membaca ada juga yang bilang tidak perlu membaca lagi, sehingga perdebatanpun terjadi dalam bidang ini.
Dalam al-fatihahpun masih ada perdebatan lagi, yaitu mengenai masalah membaca basmalah. Perdebatannya disini berkenaan dengan apakah basmalah itu masuk pada al-fatihah atau tidak. Mengenai hal ini para ulama’ fiqih berbeda pendapat. Sehingga umat diharapkan memilih sesuai dengan keyakinan masing-masing, mau ikut mazhab yang mana.
Semua permasalahan diatas perlu kita bahas pada kesempatan kali ini, karena bagaimanapun juga hal itu menjadi kewajiban kita sehari-hari. Selaku umat islam kita dituntut untuk mengetahui masalah ini supaya tidak timbul kecemburuan sosial atau konflik ketika terjadi perbedaan dalam hal beribadah.
B.   Rumusan Masalah
1.     Bagaimana hukum melafadzkan niat dalam sholat?
2.     Bagaimana membaca al-fatihah bagi makmum jahriyah?
3.     Bagaimana pendapat para ulama’ terkait dengan basmalah yang masuk pada surat al-fatihah?
C.   Tujuan Pembahasan
1.     Kita bisa mengetahui hukum melafadzkan niat dalam sholat.
2.     Kita dapat memahami membaca al-fatihah bagi makmum jahriyah.
3.     Dapat memahami pendapat para ulama’ terkait dengan basmalah yang masuk pada surat al-fatihah.

0 komentar

Posting Komentar

Flag Counter

free counters
Link Top Tutorial Blog Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Kotak Berlangganan

Enter your email address:

Followers

About Me

Foto saya
saya berasal dari orang yang menengah kebawah, tapi dengan keinginan kuat saya, tak menjadi penyebab bagi saya untuk tidak meneruskan kuliah, tekad yang bulat, dan keinginan yang menggebu-gebu mendorong saya untuk melang-lang buana atau merantau ke daerah yang jauh dari tanah kelahiran saya.