this site
membangun karakter diri

(Kidspreneur Edisi Kedelapan)
Setiap anak pasti memiliki potensi dan karakter diri masing-masing, tapi tidak semua anak bisa membangun potensi dan karakternya tersebut. Maka dari itu, Anak-anak kidspreneur akan dibentuk menjadi karakter diri yang mapan dalam dunia interpreneur.
Program kidspreneur pada pertemuan yang kedelapan ini, membahas tentang membangun karakter diri. Disadari atau tidak, setiap anak itu memiliki potensi dan karakter diri masing-masing, akan tetapi mereka tidak pernah sadar dan tidak pernah membangun karakternya tersebut. Alasan itulah yang menjadi sebab kenapa sangat butuh membangun karakter diri. Dan materi ini merupakan salah satu materi yang sangat digalakkan di kidspreneur, untuk persiapan bagi mereka menuju interpreneur.
Dalam materi ini, diajarkan bagaimana caranya kita memiliki mental percaya diri dan menanamkan rasa optimisme, karena hal itu sangat penting dalam sebuah usaha, ketika seseorang akan membuka usaha, tapi tidak disertai dengan percaya diri dan rasa optimisme, maka usaha tersebut tidak akan maksimal, karena akan selalu dihantui dengan perasaan-perasaan yang negatif.
“Pada pertemuan kali ini kita akan menanamkan rasa percaya diri dan rasa optimisme yang tinggi,” terang Putri Ayu Puspita Wardana selaku penanggung jawab atau koordinator pada pertemuan Minggu kedelapan (22/04/2012).
Mahasiswi Ciputra semester II ini juga menjelaskan bahwa pemateri yang pertama ialah pak Eko, selaku mentor tamu yang berasal dari Yayasan Traner Trity, yayasan ini biasanya memberikan traning kepada para traner. “Sebenarnya mentornya itu dari pihak Ciputra sendiri, akan tetapi saat ini ada mentor tamu yang membahas mendetail terkait dengan menemukan potensi diri dan membangun karakter diri,” tuturnya.
Materi yang kurang lebih 45 menit itu diikuti oleh semua anak-anak kidspreneur dengan efektif dan maksimal, karena pak Eko menggunakan komunikasi dua arah, sehingga terkesan sangat komunikatif. Disamping itu pula, setelah dilihat dari tugas dan rangkuman mereka, saya kira sudah lebih dari cukup.
Tujuan Membangun Karakter Diri
Materi ini diharapkan bisa menemukan potensi mereka masing-masing dan bisa mengembangkannya. Kita tau bahwa potensi itu berasal dari dalam diri mereka masing-masing, sehingga tidak dapat dipengaruhi oleh orang lain. Setelah mereka menemukan potensinya, maka kemudian bagaimana potensi itu dimanfaatkan, sampai pada tataran bagaimana potensi itu dapat bermanfaat bagi orang lain.
“Pertama menemukan potensinya masing-masing, kemudian bagaimana potensi itu dimanfaatkan, selanjutnya potensi yang dimiliki tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain,” jelas mahasiswi yang ditemui setelah sholat tersebut.
Disamping itu pula, dia juga menjabarkan bahwa materi ini diharapkan bisa menjadi motivasi ketika terjun dalam dunia interpreneur. Minimal motivasi bagi dirinya sendiri, dan selebihnya motivasi bagi orang lain. Karena ketika berusaha, pasti ada naik turunnya. Nah, ketika turun itu kalau tidak memiliki motivasi, pasti akan hancur usahanya tersebut, akan tetapi kalau sudah memiliki motivasi pada dirinya sendiri, maka dia akan bangkit dan pantang menyerah dalam usahanya.“Paling tidak mereka bisa menjadi motivator bagi dirinya sendiri ketika down,” tuturnya.
Ditanya tentang kesiapan anak-anak kidspreneur menjadi motivator bagi dirinya sendiri, Putri menjelaskan bahwa mereka masih dalam tahap proses, tentunya sangat butuh dukungan dari semua pihak, terutama dari lingkungan disekitarnya. “Masih butuh lingkungan dalam memberi motivasi kepada diri mereka,” ungkapnya kepada wartawan Al-Madinah. (Syarrafah).­­­­­­­­­­­­­­­­­
0 komentar

Posting Komentar

Flag Counter

free counters
Link Top Tutorial Blog Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Kotak Berlangganan

Enter your email address:

Followers

About Me

Foto saya
saya berasal dari orang yang menengah kebawah, tapi dengan keinginan kuat saya, tak menjadi penyebab bagi saya untuk tidak meneruskan kuliah, tekad yang bulat, dan keinginan yang menggebu-gebu mendorong saya untuk melang-lang buana atau merantau ke daerah yang jauh dari tanah kelahiran saya.