this site
SISI LAIN KAMPUS IAIN

Akitvitas di sejumlah fakultas kampus IAIN Sunan Ampel, malam hari tampak masih ramai. Adanya kegiatan mahasiswa pada malam hari yang digunakan untuk bermacam kegiatan, mencakup pemanfaatkan waktu, fasilitas yang ada, hingga penyalahgunakannya..

Surabaya, Selasa, (20/7) saat menulusuri jl. Ahmad Yani, akan terlihat bangunan-bangunan kokoh yang berjajar dikanan dan kiri jalan, diantaranya kampus IAIN Sunan Ampel, yang teletak persis didepan POLDA JATIM. 

            Institut berbasis islam ini, akan terlihat mulai beraktifitas pada jam 07.00 pagi. Mahasiswa-mahasiswa berkerudung dengan berbagai macam model pakaian  mulai ramai memasuki pelataran Area IAIN menuju fakultas masing-masing.


            IAIN yang terdiri dari fakultas-fakultas yang bermuatan lokal agama, memang mempunyai nilai plus. Selain mengajarkan mata kuliah umum, di institut yang dikepalai oleh Bpk Nur Syam, juga mengunggulkan mata kuliah berbasis agama, misalnya tasawf, aqidah dan lain-lain.

            Selain aktifitas belajar mengajar disiang hari, kehidupan di area kampus di malam hari perlu ditelisik. Berbagai macam model mahasiswa dengan berbagai pola tingkah akan mudah ditemukan di area kampus pada malam hari.
Sisi positif


Sisi negative positiv

Suasana malam hari, yang sejuk dengan angin semilirnya, membuat banyak mahasiswa memilih waktu malam sebagai ajang diskusi atau kajian. Kepadatan waktu siang untuk kuliah juga membuat banyak mahasiswa lebih mengoptimalkan waktu pada malam hari untuk mengulang dan menganalisa studi yang didapat di kelas.

Mulai dari lapangan, area sekitar masjid sampai dengan depan pelataran masjid menjadi sasaran tempat untuk mahasiswa dalam menjalankan kegiatannya tersebut diantaranya di tuturkan somad sapaan Abdus Somad (24), mahasiwa BSA semester VIII, “Bahwasanya hampir setiap malam di IAIN ada kajian”, dia juga menambahkan, “Kegiatan kemahasiswaan pada malam hari, mulai ramai sejak tahun 1985 hingga 1991 saat berkuasanya rezim suharto”.

Dengan adanya kajian yang sering dilakukan oleh mahasiwa pada malam hari, terbukti banyak mahasiswa mendapatkan keilmuan lain, karena aspek dan sisi yang berbeda dengan mata pelajaran yang di ajarkan dalam kelas, hasilnya mahasiswa yang masuk ke Iain sebelum tahun 1991, lebih berkualitas bahkan banyak yang menduduki jabatan birokrasi yang ada di Indonesia. Ia mencontohkan seorang alumni kampus IAIN yang berhasil menjadi figure di masyarakat “Seperti bapak Robakh Ma’sum  yang kemarin menjadi bupati gresik selama dua periode berturut-turut” tuturnya sambil tersenyum bangga.

Pada umumnya, mahasiswa suka mengkaji dalam bidang kefilsafatan dan sosial, pendapat ini juga ditegaskan kembali oleh pria yang berasal dari gresik tersebut, “Mahasiswa sangat suka mengkaji ilmu-ilmu social, karena hal tersebut tidak banyak di ajarkan di kelas perkuliaan”. Dituturkannya lagi “Kajian sebelum tahun 1991 sangat marak di Iain karna pada saat itu buku yang berada di kampus sangat sedikit sehingga untuk memenuhi gejolak keilmuannya mahasiswa melakukan kajian”. 

            Namun disisi lain, pekatnya malam di IAIN sering kali disalah gunakan oleh beberapa mahasiswa untuk menyalurkan hasratnya saling memadu kasih. “kalau orang pacaran itu ya banyak sekali, apalagi kisaran jam 7 sampai jam 8 malam, dipojok pojok fakultas pasti ada orang pacaran” tutur bapak yulianto selaku security IAIN pos malam. 

            Selain itu IAIN kerap kali dijadikan sebagai tempat janjian mahasiswa yang ingin bertemu untuk kemudian keluar.

            “ya mereka itu kadang-kadang Cuma janjian disini, terus keluar. Tapi seringnya pulang itu malam sekali. Terkadang ya mangkel, mau marah gimana. Mereka maksa untuk dibukakan gerbangnya” ucap bapak asal wonocolo ini dengan geram. 

            Menurut penuturan bapak dahlan selaku komandan security IAIN, sebelum tahun 2008, keamanan di wilayah kampus sangat rawan, selain semakin maraknya mahsiswa mojok di wilayah IAIN, pencurianpun kerap terjadi. Hal itu dikarenakan belum adanya peraturan yang mengatur soal kegiatan malam dikampus. Namun sejak tahun 2008 pihak kampus membuat peraturan kegiatan malam, diantaranya penutupan pintu gerbang pada pukul 12 malam, dan pemasangan CCTV di beberapa tempat di IAIN. Sejak saat itu, menurut data security malam, jumlah kejahatan pada malam hari diwilayah kampus semakin menurun. “bulan-bulan ini wilayah kampus dalam keadaan aman” ungkap bapak dahlan yang bertugas juga sebagai penunggu palang kereta api.
0 komentar

Posting Komentar

Flag Counter

free counters
Link Top Tutorial Blog Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Kotak Berlangganan

Enter your email address:

Followers

About Me

Foto saya
saya berasal dari orang yang menengah kebawah, tapi dengan keinginan kuat saya, tak menjadi penyebab bagi saya untuk tidak meneruskan kuliah, tekad yang bulat, dan keinginan yang menggebu-gebu mendorong saya untuk melang-lang buana atau merantau ke daerah yang jauh dari tanah kelahiran saya.